Mitra Kemandirian Anak Bangsa|Friday, October 22, 2021
You are here: Home » Artikel » 5 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

5 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan 

Temulawak diketahui sebagai bahan obat tradisional asli Indonesia. Temulawak yang hampir serupa dengan kunyit ini, merupakan salah satu tanaman temu-temuan, yakni tanaman. berbentuk akar dan rimpang atau batang yang tumbuh di bawah tanah dan digunakan untuk membuat obat. Temulawak hidup didaerah dengan ketinggian 5 – 750 meter diatas permukaan laut.

Temulawak atau yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorhiza Roxb adalah rempah yang memiliki segudang nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya Temulawak diolah sebagai jamu untuk dijadikan sebagai penambah nafsu makan. Namun selain berguna untuk menambah nafsu makan, Temulawak juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti berikut.

1. Mengurangi Radang Sendi dan Kanker

Temulawak mengandung kurkumin yang baik untuk kesehatan anda, terutama untuk mengurangi radang sendi. Temulawak juga dipercaya dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan kanker prostat, dimana cara kerjanya yaitu dengan menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

2. Meredakan Sakit Perut Saat Menstruasi

Pada umumnya banyak wanita yang mengalami nyeri perut ketika menstruasi. Agar rasa sakit itu bisa reda, disarankan agar minum jamu temulawak. Nutrisi yang ada di dalam temulawak bersifat dingin sehingga bisa meredakan nyeri akibat menstruasi.

3. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat temulawak untuk kesehatan hati sangat baik, dimana fungsi hati dapat terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi temulawak. Temulawak sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, karena temulawak mengandung katagoga. Katagoga inilah yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.

4. Mengatasi Penyakit Maag

Maag merupakan penyakit yang umum dialami banyak orang. Namun tenang saja anda dapat mengatasi penyakit maag, siapkan temulawak 1 rimpang. Cuci bersih dan buang kulitnya, iris menjadi tipis-tipis kemudian rebus menggunakan air sebanyak 5 gelas. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan setelah itu minum airnya secara rutin

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Beberapa masalah atau gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare, dyspepsia dan indisgestion bisa diatasi dengan mengkonsumsi temulawak secara teratur. Pada tahun 2006, Clinical Gastroenterology and Hepatology mengatakan bahwa beberapa pasiennya yang mengalami masalah pencernaan kondisi semakin membaik sejak ia mengkonsumsi jamu temulawak secara teratur.

Add a Comment